Keterampilan teknis yang satu ini, untuk jaman sekarang sangat dibutuhkan semua kalangan,baik bagi yang beruntung bisa memiliki mobil pribadi atau bagi sebagian orang bisa dijadikan profesi pekerjaan untuk menghidupi kehidupannya.
Untuk orang yang mengemudi duduk dibelakang setir suka disebut sopir,siapapun dia entah orang yang mpunya mobil atau bahkan sang sopir yang disewa untuk itu.
Meskipun kelihatan hanya sepele dan terlihat gampang,pekerjaan sopir sebenarnya sangatlah penting.Bagaimana tidak penting,sopir di dalam sebuah mobil dia adalah pemimpin di mobil itu, bertanggungjawab terhadap nyawa dirinya sendiri dan keselamatan nyawa para penumpangnya.
Karena pekerjaan informal sopir ini menjadi begitu sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan peradaban,maka berikut ini saya tulis teknik-teknik dasar belajar mengemudi.
Tahap pertama Teori dulu, (mobil dalam keadaan off atau mesin dimatikan dan berhenti).Khusus untuk mobil Manual.
1.Mobil dalam keadaan off mesin tidak hidup,lihat dan pelajari nama-nama instrumen atau komponen di ruang kabin depan dan di dashboard dengan baik.
Misalnya,Pedal Rem,pedal gas,pedal kopling,perseneleng,Rem tangan,stang untuk wiper kaca depan belakang,pengendali kaca spion,stick untuk lampu dim,lampu dekat,lampu sen-sen kanan dan kiri,tombol klakson,sabuk pengaman dan sejumlah panel control lainnya di dashboard.
2.Untuk mobil gigi gear manual,hapalkan dahulu skema perpindahan gigi persneling hingga hapal di luar kepala dengan praktik memindah-mindah mulai gigi satu,gigi mundur dan gigi selanjutnya hingga terakhir.
Biasanya ada simbol hurup dan angka,misalnya angka O (nol) atau N (normal) untuk gear dalam posisi normal,Angka 1 s.d 5 atau tergantung model mobil dan hurup R (untuk berjalan Mundur).
Lalu latihan menginjak pedal gas, bergantian dengan pedal rem dan pedal kopling,ingat mesin dalam keadaan mati,tidak berjalan atau mobil berhenti.
Terussaja berlatih sampai anda mahir memindah persneling dan menginjak semua pedal dengan tanpa menengok ke arah alatnya,latih dan biasakan mata anda tetap tertuju ke depan dan ke spion kanan kiri.
3.Setelah hapal dan cukup bisa mengoperasikan minimal memindah tongkat persneling,menginjak pedal rem,gas dan kopling.maka langkah berikut sudah mulai dapat menghidupkan mesin.
Langkah berikut dengan mulai menghidupkan Mesin Mobil dan mulai berlajar Berjalan.
1.Pastikan Rem tangan masih dalam keadaan terpasang,cirinya biasanya tongkat rem tertarik ke atas atau tertarik ke belakang atau posisi lainnya sesuai model mobil.
2.Masukan persneling di gigi Normal atau biasa ada hurup O (kosong),atau P (parking) dan atau hurup N (normal),injak pedal rem secukupnya, lalu hidupkan mesin perlahan,tenang,tertib dan mantap,mata memeriksa semua bagian mobil,spion kanan kiri arah depan dan arah belakang kemudian berakhir dengan pandangan mata lurus ke depan melihat jalan.
3.Setelah mesin hidup biarkan sekitar sepuluh detik mesin mobil hidup jikalau di awalnya sudah dipanaskan, tetapi jika belum pernah dipanaskan biarkan mesin hangat sekitar 5 menit.
Lalu,injak pedal kopling (kaki kiri) perlahan melesak ke bawah,kaki kanan masih di pedal Rem mesin dalam posisi langsam,masukan tongkat persneling ke gigi satu,(perhatikan langkah ini ini harus terus dilakukan sepanjang masa,jika mau memulai berjalan, harus selalu memulai dengan gigi satu.),lalu injak gas perlahan (kaki kanan pindah dari pedal Rem ke pedal Gas dengan naluri dan perasaan (jangan dilihat,mata terus ke depan ke jalan), mulailah dengan menginjak pedal gas perlahan dan memakai perasaan,melebihi langsam sedikit.
Setelah gas diinjak perlahan ,angkat pedal kopling (kaki kiri) perlahan..ingat perlahan dahulu sesuaikan dengan rasa dan pikiran yang penuh,rasakan ketika secara perlahan mobil akan bergerak maju,terus tahan kaki kiri (kopling) jangan dilepas angkat perlahan disesuaikan dengan laju mobil yang mulai berangkat.pedal gas mulai di injak ditambah kedalamannya.
Lalu melajulah dengan perlahan dahulu,jangan panik jika ada hal yang darurat di depan anda,ingat saja injak pedal REM dan injak Kopling.
Majulah perlahan dahulu dengan sabar jangan terlalu kencang di awal belajar,resiko mobil sangatlah besar tidak sama dengan resiko tabrakan sepeda misalnya.Kalau mau kencang sangat gampang tinggal tancap gas saja dan memasang gear tinggi pasti kencang,,,tetapi itu nanti di arena balapan gan..hehe.
Hati-hati dan waspada.tetapi tetap berjalan yakinlah selama sesuai "prosedur dasar "yang telah dipelajari sebelumnya pasti akan berhasil.
Diawal berjalan, letakkan tangan kiri di angka 9 arah jarum jam dan tangan kanan di arah angka jam 12 (untuk setir yang dikanan mobil,atau tangan kiri di angka 12 dan tangan kanan di angka 3 arah jarum jam bila setir sebelah kiri mobil),tangan kanan/kiri diam di perseneling sekian detik untuk berjaga bila mobil sudah maju normal lima atau empat meter kedepan untuk segera dipindah ke gigi dua atau disesuaikan dengan kondisi.
Yang perlu diperhatikan pada saat mobil mulai maju..-
-Pandangan mata fokus ke depan ke jalan yang akan dilalui
-Gigi gear persneling harus di gigi satu.pada awal mulai berangkat.
-Ketika mobil mulai bergerak maju,tahan saja dulu pedal kopling jangan di angkat sekaligus,angkatlah perlahan disesuaikan dengan injakan gas dan laju mobil.
Supaya mobil tidak enjot-enjotan..di awal berangkatnya,kuncinya yaitu kopling ditahan dulu,diangkat perlahan......dan gas diinjak pelan.....!
Untuk orang yang mengemudi duduk dibelakang setir suka disebut sopir,siapapun dia entah orang yang mpunya mobil atau bahkan sang sopir yang disewa untuk itu.
Meskipun kelihatan hanya sepele dan terlihat gampang,pekerjaan sopir sebenarnya sangatlah penting.Bagaimana tidak penting,sopir di dalam sebuah mobil dia adalah pemimpin di mobil itu, bertanggungjawab terhadap nyawa dirinya sendiri dan keselamatan nyawa para penumpangnya.
Karena pekerjaan informal sopir ini menjadi begitu sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan peradaban,maka berikut ini saya tulis teknik-teknik dasar belajar mengemudi.
Tahap pertama Teori dulu, (mobil dalam keadaan off atau mesin dimatikan dan berhenti).Khusus untuk mobil Manual.
1.Mobil dalam keadaan off mesin tidak hidup,lihat dan pelajari nama-nama instrumen atau komponen di ruang kabin depan dan di dashboard dengan baik.
Misalnya,Pedal Rem,pedal gas,pedal kopling,perseneleng,Rem tangan,stang untuk wiper kaca depan belakang,pengendali kaca spion,stick untuk lampu dim,lampu dekat,lampu sen-sen kanan dan kiri,tombol klakson,sabuk pengaman dan sejumlah panel control lainnya di dashboard.
2.Untuk mobil gigi gear manual,hapalkan dahulu skema perpindahan gigi persneling hingga hapal di luar kepala dengan praktik memindah-mindah mulai gigi satu,gigi mundur dan gigi selanjutnya hingga terakhir.
Biasanya ada simbol hurup dan angka,misalnya angka O (nol) atau N (normal) untuk gear dalam posisi normal,Angka 1 s.d 5 atau tergantung model mobil dan hurup R (untuk berjalan Mundur).
Lalu latihan menginjak pedal gas, bergantian dengan pedal rem dan pedal kopling,ingat mesin dalam keadaan mati,tidak berjalan atau mobil berhenti.
Terussaja berlatih sampai anda mahir memindah persneling dan menginjak semua pedal dengan tanpa menengok ke arah alatnya,latih dan biasakan mata anda tetap tertuju ke depan dan ke spion kanan kiri.
3.Setelah hapal dan cukup bisa mengoperasikan minimal memindah tongkat persneling,menginjak pedal rem,gas dan kopling.maka langkah berikut sudah mulai dapat menghidupkan mesin.
Langkah berikut dengan mulai menghidupkan Mesin Mobil dan mulai berlajar Berjalan.
1.Pastikan Rem tangan masih dalam keadaan terpasang,cirinya biasanya tongkat rem tertarik ke atas atau tertarik ke belakang atau posisi lainnya sesuai model mobil.
2.Masukan persneling di gigi Normal atau biasa ada hurup O (kosong),atau P (parking) dan atau hurup N (normal),injak pedal rem secukupnya, lalu hidupkan mesin perlahan,tenang,tertib dan mantap,mata memeriksa semua bagian mobil,spion kanan kiri arah depan dan arah belakang kemudian berakhir dengan pandangan mata lurus ke depan melihat jalan.
3.Setelah mesin hidup biarkan sekitar sepuluh detik mesin mobil hidup jikalau di awalnya sudah dipanaskan, tetapi jika belum pernah dipanaskan biarkan mesin hangat sekitar 5 menit.
Lalu,injak pedal kopling (kaki kiri) perlahan melesak ke bawah,kaki kanan masih di pedal Rem mesin dalam posisi langsam,masukan tongkat persneling ke gigi satu,(perhatikan langkah ini ini harus terus dilakukan sepanjang masa,jika mau memulai berjalan, harus selalu memulai dengan gigi satu.),lalu injak gas perlahan (kaki kanan pindah dari pedal Rem ke pedal Gas dengan naluri dan perasaan (jangan dilihat,mata terus ke depan ke jalan), mulailah dengan menginjak pedal gas perlahan dan memakai perasaan,melebihi langsam sedikit.
Setelah gas diinjak perlahan ,angkat pedal kopling (kaki kiri) perlahan..ingat perlahan dahulu sesuaikan dengan rasa dan pikiran yang penuh,rasakan ketika secara perlahan mobil akan bergerak maju,terus tahan kaki kiri (kopling) jangan dilepas angkat perlahan disesuaikan dengan laju mobil yang mulai berangkat.pedal gas mulai di injak ditambah kedalamannya.
Lalu melajulah dengan perlahan dahulu,jangan panik jika ada hal yang darurat di depan anda,ingat saja injak pedal REM dan injak Kopling.
Majulah perlahan dahulu dengan sabar jangan terlalu kencang di awal belajar,resiko mobil sangatlah besar tidak sama dengan resiko tabrakan sepeda misalnya.Kalau mau kencang sangat gampang tinggal tancap gas saja dan memasang gear tinggi pasti kencang,,,tetapi itu nanti di arena balapan gan..hehe.
Hati-hati dan waspada.tetapi tetap berjalan yakinlah selama sesuai "prosedur dasar "yang telah dipelajari sebelumnya pasti akan berhasil.
Diawal berjalan, letakkan tangan kiri di angka 9 arah jarum jam dan tangan kanan di arah angka jam 12 (untuk setir yang dikanan mobil,atau tangan kiri di angka 12 dan tangan kanan di angka 3 arah jarum jam bila setir sebelah kiri mobil),tangan kanan/kiri diam di perseneling sekian detik untuk berjaga bila mobil sudah maju normal lima atau empat meter kedepan untuk segera dipindah ke gigi dua atau disesuaikan dengan kondisi.
Yang perlu diperhatikan pada saat mobil mulai maju..-
-Pandangan mata fokus ke depan ke jalan yang akan dilalui
-Gigi gear persneling harus di gigi satu.pada awal mulai berangkat.
-Ketika mobil mulai bergerak maju,tahan saja dulu pedal kopling jangan di angkat sekaligus,angkatlah perlahan disesuaikan dengan injakan gas dan laju mobil.
Supaya mobil tidak enjot-enjotan..di awal berangkatnya,kuncinya yaitu kopling ditahan dulu,diangkat perlahan......dan gas diinjak pelan.....!
1. Mobil dalam situasi off mesin tak hidup, tengok serta tekuni beberapa nama instrumen atau komponen di area kabin depan serta di dashboard dengan terbaik.
Umpamanya, Pedal Rem, pedal gas, pedal kopling, perseneleng, Rem tangan, stang untuk wiper kaca depan belakang, ingindali kaca spion, stick untuk lampu dim, lampu dekat, lampu sen-sen kanan serta kiri, tombol klakson, sabuk pengaman serta beberapa panel control yang lain di dashboard.
2. Untuk mobil gigi gear manual, hapalkan dulu skema perpindahan gigi persneling sampai hapal diluar kepala dengan praktek memindah-mindah mulai gigi satu, gigi mundur serta gigi setelah itu sampai paling akhir.
Umumnya ada lambang hurup serta angka, umpamanya angka O (0) atau N (normal) untuk gear dalam posisi normal, Angka 1 s. d 5 atau bergantung jenis mobil serta hurup R (untuk jalan Mundur).
Lalu latihan mencapai pedal gas, bertukaran dengan pedal rem serta pedal kopling, ingat mesin dalam situasi mati, tak jalan atau mobil berhenti.
Terussaja berlatih hingga anda mahir memindah persneling serta mencapai seluruhnya pedal dengan tiada menengok ke arah alatnya, latih serta lakukan mata anda terus tertuju ke depan serta ke spion kanan kiri.
3. Sesudah hapal serta cukup dapat mengoperasikan minimum memindah tongkat persneling, mencapai pedal rem, gas serta kopling. maka langkah tersebut telah mulai bisa menghidupkan mesin.
Langkah tersebut dengan mulai menghidupkan Mesin Mobil serta mulai berlajar Jalan.
1. Yakinkan Rem tangan tetap dalam situasi terpasang, cirinya umumnya tongkat rem tertarik ke atas atau tertarik ke belakang atau posisi yang lain sesuai sama jenis mobil.
2. Input persneling di gigi Normal atau umum ada hurup O (kosong), atau P (parking) serta atau hurup N (normal), injak pedal rem seperlunya, lalu hidupkan mesin perlahan-lahan, tenang, teratur serta mantap, mata memeriksa seluruhnya sisi mobil, spion kanan kiri arah depan serta arah belakang lalu selesai dengan pandangan mata lurus ke depan lihat jalan.
3. Sesudah mesin hidup biarlah seputar sepuluh detik mesin mobil hidup seandainya di awalannya telah dipanaskan, namun bila belum sempat dipanaskan biarlah mesin hangat seputar 5 menit.
Lalu, injak pedal kopling (kaki kiri) perlahan-lahan melesak ke bawah, kaki kanan tetap di pedal Rem mesin dalam posisi langsam, input tongkat persneling ke gigi satu, (cermati langkah ini ini mesti selalu dikerjakan selama hidup, bila ingin mengawali jalan, mesti senantiasa mengawali dengan gigi satu.), lalu injak gas perlahan-lahan (kaki kanan geser dari pedal Rem ke pedal Gas dengan perasaan serta perasaan (janganlah dipandang, mata selalu ke depan ke jalan), awalilah dengan mencapai pedal gas perlahan-lahan serta menggunakan perasaan, melebihi langsam sedikit.
Sesudah gas diinjak perlahan-lahan, angkat pedal kopling (kaki kiri) perlahan-lahan.. ingat perlahan-lahan dulu cocokkan dengan rasa serta pikiran yang penuh, rasakan saat dengan cara perlahan-lahan mobil bakal bergerak maju, selalu tahan kaki kiri (kopling) janganlah dilepaskan angkat perlahan-lahan sesuai dengan laju mobil yang mulai berangkat. pedal gas mulai di injak ditambah kedalamannya.
Lalu melajulah dengan perlahan-lahan dulu, janganlah panik bila ada hal yang darurat di depan anda, ingat saja injak pedal REM serta injak Kopling.
Majulah perlahan-lahan dulu dengan sabar janganlah terlampau kencang dimuka belajar, kemungkinan mobil amatlah besar berbeda dengan kemungkinan tabrakan sepeda umpamanya. Bila ingin kencang benar-benar mudah tinggal tancap gas saja serta menempatkan gear tinggi pasti kencang,,, namun itu kelak di arena balapan gan.. hehe.
Hati-hati serta waspada. namun terus jalan percayalah sepanjang sesuai sama " prosedur basic " yang sudah dipelajari pada mulanya juga bakal sukses.
Dimuka jalan, tempatkan tangan kiri di angka 9 arah jarum jam serta tangan kanan di arah angka jam 12 (untuk setir yang dikanan mobil, atau tangan kiri di angka 12 serta tangan kanan di angka 3 arah jarum jam apabila setir samping kiri mobil), tangan kanan/kiri diam di perseneling demikian detik untuk berjaga apabila mobil telah maju normal lima atau empat mtr. kedepan untuk selekasnya dipindah ke gigi dua atau sesuai dengan keadaan.
Yang butuh di perhatikan pada waktu mobil mulai maju.
-Pandangan mata konsentrasi ke depan ke jalan yang bakal dilalui
-Gigi gear persneling mesti di gigi satu. pada awal mulai berangkat.
-Ketika mobil mulai bergerak maju, tahan saja dahulu pedal kopling janganlah di angkat sekalian, angkatlah perlahan-lahan sesuai dengan injakan gas serta laju mobil.
Agar mobil tak enjot-enjotan.. dimuka berangkatnya, kuncinya yakni kopling ditahan dahulu, diangkat perlahan-lahan...... serta gas diinjak pelan.....!
Serta yang paling utama! Lakukan senantiasa berdoa menurut agama serta kepercayaannya masing-masing sebelum saat menyalakan mesin mobil atau ingin berangkat.