Mudahnya Service Injeksi Motor Yamaha, Apa Saja Sich…?

logo-fi1
Siapa bilang injeksi tidak perlu diservice …? Kang bro yang punya motor karburator pasti tahu kondisi karburator pada saat dibongkar…apa lagi motornya minum premium…(pertamax buat rakyat indonesia masih mahal kang) pasti kondisi karburator banyak kotoran yang nempel(dekil),tidak jauh beda dengan motor injeksi…kondisi throttle body pasti kotor juga yang berakibatkan mengganggu kinerja sensor2 yang terdapat di throtle body dan motor jadi mbrebet,jadi siapa bilang injeksi tidak butuh perawatan…? Nich contohnya jika jika tidak merawat injeksi lihat tulisan yang belum lama brojol “ Masih Bilang Anti Service Injeksi…?!!! Suwek Tenan. “


throtle-body
Sayangnya untuk motor di indonesia baru yamaha yang siap untuk perawatan injeksinya,bahkan disemua bengkel seluruh indonesia sudah ready untuk hal ini.Dariperawatan berkala pengecekan menggunakan sistem komputerisasi ( FI DIAGNOSTIC TOOL) sampai urusan pembersihan injeksinya sudah komplit,untuk kompetitor nebeng di beres yamaha dulu…hehehe,kabarnya untuk honda tidak ada perawatan injeksi karena dari honda jepang sudah ada instruksi kalau komponen injeksi rusak harus ganti baru ( kayaknya rakyat indonesia belum siap kalau part rusak suruh ganti baru). Nich kemarin ada yang komen juga kalau diberes honda tidak bisa service injeksi.
KOMEN
Jadi kapan waktunya service injeksi? sebaiknya setiap kilometer menunjukkan angka 10ribu dan kelipatannya. Apalagi yang minum premium mesti rajin service injeksi,yang minum pertamax juga dianjurkan untuk service injeksi agar performa motor tetap stabil.Semakin tua umur motor maka semakin berkurang pula tenaga yang dihasilkan,maka motor mesti rajin di service untuk menunjang motor tetap fit, untuk motor injeksi ya…mesti rutin service injeksinya.Kalau motor mau awet harus diservice kalau nggak diservice pasti cepat ambrol…
Untuk service injeksi di yamaha ada berbagai pilihan alat yang digunakan,dipilih sesuai selera waktu dan kondisi,mantep to… :
1.FI Diagnostic Tool,alat untuk membaca kondisi motor.alat ini bekerja dengan cara membaca informasi di ECU yang diterima dari sensor2 yang ada dimotor.Jika ada kerusakan dimotor maka oleh sensor2 akan terdeteksi kang bro,jika motor kang bro pernah ambruk/ jatuh juga bisa dibaca riwayatnya juga,jadi nggak bisa bohong dech. Itulah keunggulan teknologi injeksi yamaha yang banyak sensornya jadi semua komponen terdeteksi secara cepat dan tepat dibanding dengan kompetitor yang minim sensor2nya.
FI
2.3M Injektor cleaner,alat ini berfungsi sebagai pembersih injektor,berbentuk cairan campuran bahan bakar ber-oktan tinggi dan solvent.Alat ini berfungsi untuk membersihkan nozzle injector dari kerak karbon dan kotoran yang terjadi akibat pemakaian yang cukup lama.Bekerja dengan cara diinjeksikan ke injektor dan ruang bakar pada saat motor hidup selama 10menit.
3M
3.CARBON CLEANER yang berfungsi membantu mengurangi kerak2/kotoran di injektor dan ruang pembakaran.Carbon cleaner ini kang bro tuang  satu botol saat kondisi tangki penuh atau saat ngisi di POM,aman kang bro buat menjaga kondisi injektor tetap bersih dan motor larinya lebih ngacir bahkan jadi lebih irit.Kang bro bisa tebus ini di bengkel yamaha harganya cuma 23ribu.Dipakai setiap 3ribu km atau sebulan sekali saja.
CARBON CCARBONCARBON 1
4.Injektor cleaner & tester.FI Injector Cleaner & tester adalah alat yang digunakan untuk memeriksa/menguji kemampuan injector dan membersihkannya dari kerak/kotoran.
FI CLEANER
Alat ini memiliki fungsi :
1.Untuk menguji kemampuan kerja Injector dalam menyuplai bahan bakar di sistem fuel injection.
2.  Untuk membersihkan nozzle injector dari kerak carbon dan kotoran yang terjadi akibat pemakaian yang cukup lama.
Lihat gambar dibawah ini,yang di atas sebelah kiri-kanan adalah hasil pengetesan volume pengabutan saat sebelum dan sesudah di injektor dibersihkan,tabung kiri = injektor baru/normal,tabung kanan injektor yang sudah dipakai.
TES

Dan setelah injektor sudah dibersihkan masih ada satu lagi yaitu throtle bodynya,,,untuk throtle body mesti dibongkar lalu dibersihkan pakai cairan khusus pula.
TES2
Jadi service injeksi di yamaha banyak pilihan bisa disesuaikan isi dompet ,situasi dan kondisi. Pembersihan injektor diatas ada 3 cara yaitu fi cleaning & tester, cairan 3M dan carbone cleaner,dipakai hanya salah satunya saja kang bro tergantung selera kang bro mau pilih yang mana.Untuk pakai 3M punya kelebihan lain yaitu selain membersihkan injeksinya juga mengurangi kerak2 di ruang bakar,tapi injektor tidak bisa diketahui hasilnya karena tidak ada pengetesan hasil cleaningnya.Cleaning pakai 3M hanya boleh dilakukan 1 kali proses saja karena jika dilakukan cleaning berulang2 takutnya merusak klep dan piston karena cairannya sangat keras.
Carbone cleaner dibanderol 23ribu untuk membantu membersihkan kerak2 di injektor dan ruang bakar tanpa harus bongkar injektornya.
Untuk pakai injektor cleaning dan tester hanya membersihkan injektornya saja tetapi kita bisa mengetahui hasil cleaningnya,,jika hasilnya kurang bersih maka dilakukan proses pengulangan cleaning sampai injektor benar2 bersih.
Ternyata sistem service injeksi mudah dan gampang dilakukan lo… buktinya para blogger saja bisa. Nich buktinya saat para blogger service injeksi di Yamaha DDS jakarta.
images-24download-21
img_6707

ymj

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »